First Trying : Drawing Vektor of Taylor Swift Using Photoshop

Pernah tidak kalian melihat gambar kartun yang mirip dengan tokoh asli di dunia nyata ? pasti pernah kan Reader. 😀

Sebenarnya saya sudah lama ingin sekali tahu bagaimana cara membuat gambar seperti itu. Biasanya saya membuat gambar realistis dengan menggunakan media pensil dan kertas, kadang hasilnya pun kurang memuaskan karena membutuhkan ketelatenan dan dan kesabaran yang ekstra saat menggambar dan menghapus. Saya pun mencari tahu dan ternyata gambar-gambar jenis tersebut disebut sebagai gambar vektor,  vektor adalah objek gambar yang dibentuk melalui kombinasi titik-titik dan garis dengan menggunakan definisi matematis. Dimensi gambar vektor biasanya dapat diubah tanpa mengurangi kualitas gambarnya sendiri. Hal ini yang menjadikannya ideal dalam pembuatan logo perusahaan, peta/denah, atau objek-objek lain yang seringkali membutuhkan perubahan skala/dimensi. Vektor sendiri mungkin akan terlihat kaku bila dibandingkan dengan gambar bitmap, tetapi kualitasnya tidak berdasarkan terhadap resolusi. Untuk masalah pencetakan dengan ukuran berapaun tidaklah menjadi masalah karena gambar jenis ini tidak akan pecah atau kehilangan detail ketajaman gambar.

Kita coba yuk.. 😀
Kali ini saya akan mencoba menggambar vekto untuk yang pertama kali  dengan menggunakan photoshop, saya pilih gambar dari idola saya Taylor Swift. Soalnya dia cantik dan seperti nya agak mudah membuat vektor nya, maklum ya Reader percobaab pertama..
Mari kita tengok langkah-langkahnya :
  • Buka foto yang akan dijadikan vektor
  • Kemudian pilih menu pen tool pada photoshop

1

  • Klik pointer pada titik awal dimana anda akan memulai menggambar pada foto. Ikuti arah garis wajah dengan mengklik setiap garis wajah sampai kembali ke titik semula, seperti gambar di bawah.

2

  • Pilih warna dengan cara mengklik kotak warna dua kali pada layer shape di pojok kanan, pilih warna yang sesuai dengan warna kulit.

3

4

  • Klik gambar mata pada tab Layers untuk menentukan terlihat atau tidak terlihatnya objek yang sudah kita gambar. Hal ini dilakukan agar kita dapat menggambar objek lainnya (mata, hidung, bibir). Objek akan dibuat tidak terlihat untuk sementara, bukan dihapus. Selanjutnya dengan cara yang sama seperti sebelumnya kita menggambar mata, dimulai deri bagian putih mata terlebih dahulu.

5

6

  • Setelah semua gambar mata selesai, dengan cara yang sama lanjutkan menggambar bagian bibir hidung dan bagian wajah lainnya.11
  • Setelah semua bagian wajah selesai, klik gambar mata pada layer background untuk menghilangkan gambar aslinya. Setelah selesai menggambar semua bagian, select semua layer (tahan tombol Shift) KECUALI layer background, Klik kanan pada salah satu layer yang di select tadi, pilih Merge Layers. Maka semua layer tadi akan tergabung menjadi satu layer.
  • Selesai, beginilah hasil akhir percobaan pertama saya membuat vektor,Reader. Masih sangat kasar dan belum begitu bagus,  semoga dipercobaan berikutnya menjadi lebih baik.. 😀

13

bye Reader, keep trying. 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s