Cooking Diary : Nasi Goreng Terasi ala Annesa

IMG_5206

Lapaaar…. 😦 Huhu

Hai Reader,saya kelaparan Reader. Kasian ya..

Hmm, Salah satu makanan favorite saya adalah nasi goreng. :p
siang ini saya ditinggal sendirian sama ibunda saya dirumah, setelah seharian capek ngecraft bikin bros bunga untuk dijual ke pasar. Akhirnya saya kelaparan juga.

Pergilah saya ke depan kulkas dan mengira-ngira masakan apa yang enak dan simple serta mengenyangkan perut yang gundah gulana ini.
Yap, Nasi goreng !

Akhirnya, sayapun mulai meracik bumbu.
Ini dia Reader :

Bumbu :

  • Terasi
  • Bawang merah 3 siung
  • Bawang putih 2 siung
  • Cabai merah dan cabai rawit 4 buah
  • Kecap manis
  • Minyak ikan
  • Minyak Goreng
  • Merica
  • Ketumbar
  • Ikan cuek dipotong kecil-kecil
  • Bakso 3 buah dipotong kecil
  • Telur 1 butir
  • Garam dan gula
  • Nasi putih

Cara membuat :

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, merica dan ketumbar.
  2. Potong-potong cabai merah, bakso dan ikan sebagai campuran diluar nasi goreng
  3. Panaskan minyak, lalu masukan bumbu yang sudah di haluskan sampai harum
  4. Setelah itu, masukan terasi kira-kira seujung ibu jari, lalu hancurkan bersama tumisan sampai wangi
  5. Setelah wangi, masukan telur dan hancurkan sampai rata.
  6. Masukkan pula bakso, ikan dan cabai merah.
  7. Tambahkan garam dan gula.
  8. Masukan nasi putih. aduk sampai rata.
  9. Tambahkan kecap ikan dan kecap manis
  10. Aduk kembali sampai matang dan siap disajikan.

Selesai, Reader.
Mari makan. 😀

Leave a Reply

