Cooking Diary : Pancake Mini Pisang Madu

IMG_4160

Assalamualaikum, reader.. 🙂

Sekarang jakarta sedang dilanda hujan deras dimana-mana, cuacanya jadi dingin banget Reader. Biasanya ya, kalau dingin-dingin gini pengen nya makaan terus. (kalo saya, kalau Reader gimana ? hehe)

Yuk, kali ini kita buat sajian sederhana yang manis dan gurih. Pancake. 😀
Pancake atau panekuk merupakan salah satu jenis kue dadar yang dibuat dari tepung terigu, susu, gula, telur ayam, dan air. Sehingga membentuk adonan kental yang digoreng di atas wajan atau teflon.

Cara membuat pancake gampang banget loh Reader, pancake ini salah satu jenis kue kesukaan saya. Pancake yang paling saya sukai dan menurut saya enak banget itu adalah pancake buatan Nannys Pavilion. uuuhmmm.. saya sangat suka rasa pancakenya lembut dan gurih serta wanginya benar-benar menggugah selera.

Di dapur, saya punya pisang Reader. Nah. karena saya ingin buat sajian yang manis sekaligus menyenangkan saya memilih untuk menambahkan pisang pada adonan pancake yang saya buat lalu menamai pancake ini dengan nama pancake mini pisang madu ala annesa 

Bahan :
– 100 ml susu cair full cream
– 50 gram tepung terigu
– 30 gram margarin, cairkan
– 30 gram gula pasir
– 30 gram susu bubuk
–  2 butir telur, dikocok
– 1 sendok makan baking powder
– sebiji pisang disisir halus dan dihancurkan.
– madu

Cara Membuat :

  • Campurkan tepung terigu, gula pasir dan susu bubuk hingga tercampur dengan rata. Setelah itu masukkan telur ayam yang telah dikocok sebelumnya, lalu tambahkan pisang,  susu cair dan margarin yang telah dicairkan lalu kocok hingga adonan kalis.
  • Kemudian tambahkan baking powder dan aduk hingga bahan tercampur dengan rata.
  • Panaskan teflon atau wajan dengan ukuran kecil, lalu tambahkan sedikit minyak.
  • Dadar adonan pancake tersebut di atas teflon dengan api kecil.
  • Setelah permukaan pancake terlihat berlubang, dan pinggirnya sedikit agak keras, kemudian balik adonan pancake dan masak sebentar.
  • Lakukanlah semua cara diatas hingga adonan pancake habis dan siap untuk dihidangkan.
  • Sajikan pancake dengan madu atau sirup maple jika suka.

Menurut saya bagian tersulit dari membuat pancake adalah membentuknya menjadi bulat sempurna Reader, hal ini mungkin sebabkan karena teflon yang saya gunakan terlalu besar. Jadi, sebagai saran gunakan teflon kecil yang biasa digunakan untuk memasak telur. 🙂

Oke Reader, selamat mencoba.
Keep creative and be yourself. 🙂

2 comments on “Cooking Diary : Pancake Mini Pisang Madu

    • hai mbak, mohon maaf ya sblumnya mungkin kurang jelas, tapi itu sebenarnya pisangnya dimasukan ke dalam adonan. di cara membuat nya sudah saya jelaskan jadi pisangnya di mixed dalam adonan.

      nah, mungkin fotonya ya yg bikin jadi ambigu, hehe. saya taruh pisang nya diluar cuma cuat mewakili aja kok mbak kalo itu pancakenya terbuat dari pisang bukan pisangnya dimakan mentah sama pancake.. hehehe. ^^v

Leave a Reply

