Cooking Diary : Pecel Udang Ikan Sambel Terasi Simpel Ala Annesa

IMG_3996

Hai Reader, Assalamualaikum. 🙂

Diluar jendela hujan lagi Reader, dingin, hujan, dan lapar adalah hal yang tidak bisa dipisahkan.

Kadang saya bingung juga Reader,Ketika ibunda sedang pergi kerja dan saya sendirian di rumah. Rasanya ada saja keinginan untuk memasak makan malam yang istimewa.

Kenapa ya ?
Hmmm..Mungkin karena sebuah alasan ya yang membuat kita semangat melakukan sesuatu demi seseorang yang kita sayangi. Contohnya saya, padahal saya bisa saja sekedar masak mie rebus untuk mengganjal perut ketika lapar. Tapi, karena ada seseorang yang ingin saya bahagiakan kemudian sayapun membuat dan melakukan sesuatu yang istimewa untuk mereka. 🙂

Padahal ibunda saya sering berpesan untuk membeli saja makanan yang enak untuk makan malam kalau saya sedang lelah.
Hmmm… Memang cinta kadang aneh dan tidak bisa dimengerti, wanita tomboypun bisa mati-matian belajar menjadi feminim demi pujaan hatinya. 😀
*sepertinya ini efek hujan, bahasa saya agak-agak sayu ya Reader*

Oke baiklah,
Saya sepertinya sedang ingin memasak hari ini, di kulkas ada persediaan ikan gabus, udang, tempe dan sirsak.
Ibunda saya tadi memberi pesan bahwa beliau sekitar satu jam lagi sampai dirumah. Alahasil saya pun segera memasak, kali ini masakan yang sederhana saja. Pecel udang+ ikan sambal terasi.

Nah, itu dia hasilnya.

IMG_4002

Saya gak tulis resepnya ya Reader, saya sedang gak ingin mikir tadi saya pake bahan apa aja. Hehe. Sambal terasi ini kesukaan ibu dan bapak saya. Mereka suka sekali makan-makanan seperti ini, banyak lalap, sambal terasi dan ikan goreng atau ikan bakar.
Sebenarnya, tadi saya juga menggoreng ikan tapi saya lupa menaruhnya di piring untuk di capture gambarnya.

Beda sambal terasi ini dengan sambal terasi lainnya adalah pada proses sebelum pengulekan *kok bahasanya aneh ya*
Maksudnya proses penghalusan bumbu, sebelum bumbu di haluskan, saya menumis terlebih dahulu bahan-bahan yang terdiri dari cabai merah dan rawit, bawang merah, tomat, dan terasi. Kemudian setelah itu saya baru menghaluskan bumbunya dan menambahkan garam serta sedikit gula.

Untuk yang lainnya, seperti udang tempe dan ikan. Saya menggorengnya dengan bumbu-bumbu yang sudah saya racik sebelumnya, yaitu tepung yang diberi telur garam dan penyedap.

Setelah semua selesai, sajikan hangat.
Paling enak kalau dimakan bersama keluarga. 🙂
Selamat menikmati..

Leave a Reply

