Cooking Diary : Pepes Ikan Patin Bumbu Durian

S E L A M A T   P A G I , R e a d e r ! πŸ˜€

Gak berasa udah mau akhir tahun ya, beberapa hari lagi bakal masuk ke tahun 2014. Hihi

Tapi saya gak bosen-bosennya menyajikan resep-resep andalan dari dapur kecil saya, hihi.  semoga yang selama ini bermanfaat ya Reader.

Ini bakalan jadi salah satu resolusi saya tahun 2014 Reader, yaitu :

Learn how to be a good woman, a loveable wife and a supermother someday.
I wanna be like a lotus flower.

…..

Kali ini kita masak olahan ikan yuk Reader.
image

Kalo dulu saya pernah kasih resep pindang ikan patin, kali ini kita masak pepes ikan patin.

Kenapa ikan patin lagi? Hahaha. Jawabnya singkat Reader, karena di pasar deket rumah adanya cuma patin yang saya suka dan enak buat di pepes sama bumbu durian. Haha.
Tapi tenang, kalian bisa mengganti nya dengan ikan yang kalian suka.. Gak cuma ikan patin saja.
Kalau katanya salah satu follower di instagram saya, lebih enak ikan belida. Iya sih.. Tapi mahal. Haha. πŸ˜€

Gimana cara membuatnya ?
Yuk,, Langsung aja kita ke Dapur Reader…

Bahan :
1 kg ikan patin segar, potong menjadi dua bagian lalu sayat-sayat agar bumbu meresap.
Daun pisang untuk membungkus.
Air secukupnya untuk merebus.

Bumbu :
Cabai merah ( 5 batang )
Bawang putih ( 3 butir )
Bawang merah ( 7 siung )
Buah durian, ambil dagingnya ( ini sesuai selera, kalau saya sih ambil daging duriannya dari 5 biji durian )
Laos ( 2cm )
Kunyit ( 2 cm )
4 batang serai memarkan.
Garam secukupnya ( 1 sendok teh )
Penyedap (sedikiiiit aja, gak pake juga gak apa-apa Reader )

Cara memasak :
1. Haluskan semua bumbu menjadi satu, lalu masukan daging durian yang telah dipisahkan dari bijinya. Aduk hingga semua merata, lalu ikat dan masukan serai yang telah dimemarkan.
2. Cuci daun pisang, lalu gelar dan susun satu per satu ikan yang telah dipotong.
3. Lumuri ikan patin dengan bumbu yang telah dihaluskan. Lalu tutup daun pisang dengan rapih
4. Masukan ikan ke dalam panci untuk memepes ikan, atau bisa juga di wajan untuk menanak nasi. Jangan lupa tambahkan air terlebih dahulu
5. Panaskan dan tunggu kira-kira setengah jam.
6. selesai. Sajikan dengan nasi yang hangat..
Naah, sudah jadi Reader.
Gimana ?
Gampang kan ?

S E L A M A T  M E N C O B A. ! 
Tunggu resep selanjutnya yaah. πŸ™‚

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s