cooking diary : Pindang Ikan Patin Ala Annesa Nurul

Hay, Hay..

Kali ini saya mau ngeshare salah satu masakan khas dari kota kelahiran saya. Masakan ini adalah masakan favorit keluarga saya Reader. Kemarin pas ada waktu iseng-iseng masak pengen buat Pindang Ikan Patin, supaya saya gak lupa dan supaya bisa bagi-bagi info. Baiklah, saya akan menuliskan bagaimana resep memasak ikan pindang patin ala Annesa Nurul disini. Hehe 😀 Let’s Check it Out..

patin asam pedas

Bahan :

1. Satu ekor Ikan Patin di potong menjadi empat atau tiga bagian.

2. Air 500 ml

3. Terasi dan Asam Jawa

Bahan yang di haluskan :

1. Garam secukupnya ( Jangan kebanyakan ya, ntar asin ) 😀

2.  Cabe Rawit dan Cabe merah sesuai selera jumlahnya ( Kalo saya sih suka pedas, jadi sekitar 5 atau 6 batang )

3. Bawang Merah ( 5 siung )

4. Kunyit secukupnya untuk memberi warna pada masakan.

5. Serai tumbuk hingga memar

Tambahan :

1. Daun kemangi

2. Daun Salam.

3. Tomat Hijau kecil

4. Kecap Manis

Cara Memasak :

1. Panaskan Ikan Patin dengan air

2. lalu hancurkan terasi kedalam rebusan ikan patin tersebut dan tambahkan asam jawa ( Kalo ada Asam Kandis )

3. Haluskan bumbu yang telah disiapkan

4. Setelah bumbu halus, masukan kedalam rebusan ikan tadi

5. Aduk sampai rata, dan tambahkan penyedap rasa serta kecap secukupnya.

6. potong-potong tomat menjadi 2 bagian, masukan tomat bersamaan dengan daun kemangi dan daun salam kedalam pindang patin.

7. Sajikan dengan nasi yang masih hangat.

Nah, gampang kan Reader, Selamat mencoba yaa 😀

Leave a Reply

