Mau tau Soal Sekolah Tinggi Ilmu Statistik ? : Let’s Check it out !

Mau tau Soal Sekolah Tinggi Ilmu Statistik ? : Let’s Check it out ! Tonton dulu Video di bawah ini :

ayo masuk stis

Hai, reader, Khusus nya buat adik-adik SMA yang lagi pada bingung mau ngelanjutin kuliah dimana. hehe. kali ini saya mau bagi-bagi sedikit info tentang universitas tempat saya kuliah nih, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik. πŸ˜€

Sekolah Tinggi Ilmu StatistikΒ (STIS)Β ini merupakan perguruan tinggi kedinasan program Diploma IV, yang dikelola olehΒ Badan Pusat StatistikΒ (BPS)Β sejak tahun 1958, Dulu kampus saya ini bernama Akademi Ilmu Statistik ( AIS).

STIS merupakan sekolah kedinasan yang berada dibawah naungan Badan Pusat Statistik, Reader. Lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik akan bergelar sebagai Sarjana Sains terapan ( S.S.T)Β Β yang kemungkinan besar para lulusan STIS nanti akan ditempatkan dan mengabdikan dirinya untuk bekerja di BPS seluruh indonesia.

Sebagai mahasiswi yang berkuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Statitik, banyak sekali keuntungan yang bisa di dapat dari perkuliahan saya disini, diantaranya :

1. Bebas Biaya Kuliah

Ditengah komersialisasi dan mahalnya biaya pendidikan sekarang, kampus STIS menawarkan penjaminan biaya kuliah oleh negara sehingga para siswa-siswi berprestasi yang memiliki kualifikasi sesuai dengan persyaratan, tidak diharuskan membayar biaya perkuliahan tiap semesternya, Reader.
Nah, kalau ada yang bilang ” Β jaman sekarang mana ada sih yang gratis ? ” jawabannya gak bener tuh : ada kok reader yang masih gratis, salah satunya adalah kuliah di STIS. πŸ™‚ hehe #promosi

2. Lulus dengan gelar Sarjana Sains Terapan.

Selain gratis selama masa perkuliahan, salah satu yang menguntungkan dari kuliah di STIS adalah ketika kita lulus, kita akan mendapatkan gelar Sartjana Sains Terapan / SST, dan setelah lulus insyaallah akan ditempatkan langsung bekerja dan mengabdi pada Badan Pusat Statistik. Tapi, sebelum adik-adik Reader masuk untuk kuliah di STIS, adik-adik Reader harus menandatangani perjanjian bersedia untuk ditempatkan di BPS di provinsi atau kabupaten manapun di Indonesia. Berani terima tantangan ? πŸ˜€

3. Mendapat Uang Saku

Kuliahnya gak bayar, tapi malah dibayar. yap.. itulah STIS, setiap bulan mahasiswa-mahasiswi STIS akan diberi uang saku sebesar Rp.800.000 (ups, sebut harga hehe), Enak kan Reader ? makanya harus belajar dengan sebaik-baiknya nih adik-adik Reader kalau mau/ udah pada masuk kuliah di STIS, kan belajarnya udah dibiayai oleh negara dan di beri uang saku oleh negara tiap bulannya. Β πŸ™‚

4. Bekerja sesuai dengan Bidang Ilmunya

Pernah gak denger sarjana lulusan Akuntansi malah jadi pedagang makanan ? Pernah denger sarjana ekonomi yang kerjanya jadi guru SD ?
Kalau di STIS, lulusannya akan bekerja sesuai dengan bidang ilmunya Reader, disini mahasiswa-mahasiswi STIS mendapatkan ilmu statistika baik yang murni maupun terapan selama empat tahun masa perkuliahan, dan nanti ketika lulus mereka akan bekerja sesuai dengan bidang ilmu yang mereka dapatkan.

5. Sekolah nya Pake Seragam

Kadang suka bingung gak sih, mau ke kampus pake baju apa untuk hari senin, selasa, rabu, kamis, jum’at, sabtu , minggu , senin, selasa (eh keterusan, πŸ˜€ )
Nah, kalau kuliah di STIS gak perlu bingung milih baju apa buat kuliah, disini mahasiswa-mahasiswi STIS diwajibkan memakai pakaian seragam selama masa kuliah.

Bagaimana seragam STIS ? mau tau ?? πŸ˜€

Begini :

hayoo, tebak saya yang mana.. ? :D

hayoo, tebak saya yang mana.. ? πŸ˜€

Kelas kesayangan akuu :3

Kelas kesayangan akuu :3

temen-temen saya. :D

temen-temen saya. πŸ˜€ lagi pada ngerjain tugas ini, bukan lagi contek-contekan. :p

Itu lah beberapa keuntungan kalau adik-adik Reader berminat melanjutkan kuliah nya di Sekolah Tinggi Ilmu Statitik.

Oh iya, Walaupun kuliah di sini banyak sekali keuntungannya, tapi juga banyak tantangannya Β lho Reader. Salah satu nya adalah adanya ancaman Drop Out di dua semester awal bagi mahasiswa-mahasiswi STIS yang tidak memenuhi persyaratan nilai semester Tingkat 1 , dan pada tingkat akhir ( Tingkat Empat ) seperti saya sekarang ini, ada ujian komprehensif dan skripsi yang juga menjadi tantangan berat bagi mahasiswa-mahasiswi STIS. ( Doakan saya ya Reader, semoga bisa lulus wisuda tahun ini. Amin #sekalianmintadoa )

kalau kata temen saya :

Kuliah di STIS mah susah-susah gampang, susah masuknya susah keluarnya. Tapi gampang mau kerjanya. πŸ˜€

Bagi adik-adik reader yang berminat, boleh di kunjungi websiteSekolah Tinggi Ilmu StatistikΒ . Masih dibuka loh pendaftarannya sampai April 2013.

1958146_1049265935116237_5722731080819087529_n12814444_1034520373257460_5835949032883704880_n

Sekian Reader selayang pandang tentang STIS, semoga bermanfaat yaaaa πŸ˜€
Jangan lupa doakan saya semoga lulus jadi Sarjana Sains Terapan tahun ini yaaa.. doakan.. Amiin πŸ™‚

Bye..

Advertisements

81 comments on “Mau tau Soal Sekolah Tinggi Ilmu Statistik ? : Let’s Check it out !

  1. Ka mau nanya dong testnya apa aja ya?
    sebenernya aku masih kelas 2 tapi mau mempersiapkan gitu hihihi
    makasih kak

    • udah kakak tambahin leaflet disana dek..

      tesnya tahun kemren ada pengetahuan umum, mtk , bahasa, b. inggris buat tahap 1. tahap 2 sama 3 nya tes Psikotes dan kemampuan dasar sama tes kesehatan.. πŸ˜€

  2. ka mau tanya dong, alhamdulillah aku lolos ujian tahap 2 jadi nanti tinggal wawancara dan tes kesehatan, gampang gak tuh wawancaranya? terus kalau sekolah bagi yg muslim wajib menggunakan jilbab ga? makasih ka πŸ™‚ sukses teruuus ya ka

    • Alhamdulillah… πŸ˜€
      Selamat ya Feb.

      hmmm. gak susah kok wawancaranya, yg penting km jawabnya meyakinkann si pewawancara kalo km bener” bersedia di STIS dan bersedia matuhin semua peraturan. gitu kok..biasanya sih klo dah lolos tahap 2 udah bisa dibilang aman dek.

      tetep semangat aja, see you at STIS. πŸ˜€
      sukses juga ya kamuu

  3. Hy kak,salaam kenal πŸ™‚ aku skrg kls 3 SMA tahun ni.aku pengen bnget msuk stis,kalau dlam khdupan shari* stis itu apa aja kgunanannya ?

    • hmmm…. kegunaannya sehari ” ya ? biasanya nya sih statistik itu gunanya buat perhitungan senseus penduduk, perhitungan ihsg, inflasi , dll nya dek.. pokoknya hitung”an.. πŸ˜€

  4. hy kak πŸ™‚ aku skg sdah kls 3 sma tahun ini, aku pengen banget msuk STIS, mau naya nih masalah soal2 tes nya itu gmna yah? sm nggak sama soal2 SBMPTN gitu ? mksih kak πŸ™‚ sukses sllu yahh.

  5. kak, kalo kita udah diberi keputusan DO, kita masih bisa minta pertimbangan buat perbaiki nilai gak kak ? mohon bimbingannya kak..
    saya pengen masuk sini, tapi takut masalah itu kak..

    • sorry ya bru bales, gak ada dek.. kalo udah di do, paling yg ditanggung malu nya, huhuhu πŸ™‚
      tapi harus tetap optimis, gak usah pikirin DO nya, pikirin aja gimana masuknya dulu. hehe

  6. kak mau tanya ada perbedaan gak antara penerimaan anak cewek sama anak cowok sama kalo ada bekas jahitan kira” bisa masuk gag kak? pengen banget masuk STIS . makasih kak

  7. kak, saya dengar setelah tamat STIS kita ga lansng kerja (sejak lulusan thn 2012) ?? malah kita disuruh magang selama 1 tahun, dan bahkan ada yg dirumahkan (pengangguran)…. mohon pencerahannya donk kk

    • iya dek, itu semua karena ada kebijakan moratorium yang menunda penganggkatan cpns dan pns pada tahun 2011 oleh KEMENPAN, jadi angkatan tahun 2011 terpaksa harus menunggu satu tahun sebelum pengangkatan. untuk tahun2 selanjutnya mungkin setelah tahun 2014 mudah2an tidak terjadi lagi penundaan pengangkatan cpns BPS seperti sekarang. (tapi saya tidak bisa menjamin) πŸ™‚ berusaha saja.

  8. assalamualaikum kak…
    saya pengen banget masuk STIS tanya tanya dikit boleh ya kak hehe…
    kalo di STIS itu siswa MA jurusan IPA boleh masuk kan kak?

  9. Yang dipelajari apa aja sih di stis itu? Ada kaya jurusan2 atau prodi2 nya gt ga? Nanti kerjanya sesuai jurusan yg dipelajari atau gmn ya kak?
    Makasih ka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s