My Boyfriend is Type B

23002_200811130205011

Halo Reader, 😀

Banyak sekali postingan-postingan yang berkenaan dengan karakteristik seseorang yang dilihat dari golongan darahnya. Di Jepang, ramalan tentang seseorang lebih ditentukan oleh golongan darah daripada zodiak atau shio.

Kenapa? Katanya sih golongan darah itu ditentukan oleh protein-protein tertentu yang membangun semua sel di tubuh kita dan oleh karenanya juga menentukan psikologi kita.

Menurut buku yang ditulis oleh Tosshitaka Nomi seorang berkebangsaan Jepang dari bukunya yang berjudul “Touch My Heart” yang di terjemahkan kedalam bahasa Indonesia dijelaskan bahwa ternyata golongan darah itu mempengaruhi karakter seseorang.

Menilik kepribadian orang lewat golongan darah sudah jadi kepercayaan tersendiri dalam masyarakat Korea dan Jepang sejak tahun 1920-an, dan tetap terkenal meski mitos itu sudah ditolak beberapa kali. Teori golongan darah dan kepribadian bisa dikatakan setara dengan cara pandang orang Barat terhadap zodiak.

Sama seperti zodiak yang mempengaruhi personaliti dan memprediksi hal-hal dalam hidup, begitu pula golongan darah di Korea dan Jepang. Ada banyak buku mengenai pekerjaan terbaik bagi tiap golongan darah, dan bagaimana golongan darah tersebut bereaksi dalam berbagai situasi berbeda, bahkan mengenai asmara antara golongan darah dan siapa yang paling cocok untuk tiap jenis.

Namun, perlu Reader tahu bahwa dari cara orang-orang korea membagi-bagi personality berdasarkan golongan darah tersebut, terdapat satu golongan darah yang dianggap paling jelek (untuk pria) dibandingkan golongan darah yang lainnya. ( Ini semacam diskriminasi pria berdasarkan golongan darahnya 😀 ). Pria dengan Golongan darah B di Korea (sengaja penulis Bold nih ) dianggap  telah memiliki reputasi yang sangat negatif. Mereka sering digambarkan sebagai seseorang yang egois,kurang berhati-hati, dan temperamental. Di Korea, mereka dianggap sebagai suami terburuk karena seringkali di cap “PlayBoy”.

Tapi apa benar begitu Reader ? 

Penulis mau curhat nih Reader, Penulis pernah mempermasalahkan sekali loh masalah golongan darah ini sama seorang teman penulis. Dia mempermasalahkan golongan darah pacar si Penulis yang bertipe B. Yes, My Boyfriend is Type B 😀 

Teman Penulis ini begitu terobsesi dengan segala hal tentang negara korea dan jepang, dia sangat percaya pada mitos yang menganggap bahwa pria bergolongan darah B ini tidak cocok untuk dijadikan pasangan bagi wanita yang bergolongan darah A atau O  seperti penulis, huuuft.

“Padahal ada sekitar 6 milliar orang di dunia ini, lalu kenapa harus mencap buruk seseorang berdasarkan golongan darahnya ” – Ini kutipan di sebuah film yang baru saja penulis tonton. 

My boyfriend is Type B : saking ingin tahu nya, penulis mengkopi drama korea ini dari teman penulis. Film ini bercerita tentang  Young Bin yang adalah seorang pemuda tampan namun suka mempermainkan lawan jenisnya. Sedangkan Ha Mi adalah seorang mahasiswi biasa yang sedikit lembut dan polos. Dia sedang mencari cinta sejatinya namun belum menemukannya.

Hubungan Young Bin dan Ha Mi awalnya disebabkan karena Ha Mi yang salah kirim sms. Secara tak sengaja juga, mereka tabrakan setelah Ha Mi turun dari bus. Tabrakan itu membuat ponsel milik Ha Mi rusak hingga Ha Mi meminta ganti rugi yang tentu saja ditolak oleh Young Bin. Karena Young Bin menolak ganti rugi, Ha Mi pun kabur dengan membawa pergi ponsel Young Bin. Young Bin mengejar Ha Mi yang menaiki bus dengan taksi. Kejar-kejaran itu membuat mereka menjadi berteman. Dan karena Ha Mi adalah seorang yang sangat percaya dengan takdir, Ha Mi mengira pertemuan mereka berdua sungguh sangat kebetulan dan langsung jatuh cinta pada Young Bin. Karena Young Bin tahu kalau Ha Mi adalah tipe cewek yang mudah dimanfaatkan, cowok itu langsung menembak Ha Mi. Bener-bener the fast relationship.

Tapi hubungan mereka memiliki kendala. Sepupu Ha Mi, Chae Young adalah seorang dating consultant yang sangat percaya menganalisis dan memilih cowok dengan melihat dari golongan darahnya. Dan ternyata setelah bertemu dengan Chae Young, Chae Young tahu bahwa Young Bin adalah cowok bertipe B, tipe cowok yang egois, arogan, keras kepala dan tidak menghormati orang lain. Bagi Chae Young, tipe B adalah tipe cowok yang sangat negatif dan bad character. Sedangkan Young Bin sangat tidak setuju dengan analisis itu. Baginya 6 miliar orang di muka bumi tidak bisa dibedakan hanya menjadi 4 tipe.

Chae Young meminta Ha Mi untuk tidak menemui Young Bin lagi karena golongan darah Ha Mi yang jenis A sangat lemah dan mudah dimanfaatkan oleh tipe cowok B seperti Young Bin. Tentu saja Ha Mi menolak larangan itu karena baginya Young Bin itu tipe cowok romantis dan penyayang. Ha Mi tetap berpacaran dengan Young Bin walaupun sepupunya sudah berusaha keras menghalangi hubungan mereka.

Tapi lama kelamaan dugaan Chae Young benar. Ternyata Young Bin adalah cowok yang sangat pelit dan tidak memikirkan perasaan orang lain. Sifat jelek cowok tipe B mulai tampak pada diri Young Bin hingga ketika Young Bin menjual Ha Mi pada temannya demi bisa membayar hutang, Ha Mi pun memutuskan hubungannya dengan Young Bin.

Ketika Ha Mi sudah meninggalkan Young Bin, cowok itu baru sadar kalau dia mencintai Ha Mi. Dengan segala usaha, Young Bin berusaha merebut kembali hati Ha Mi.

Nama nya juga Filem, jadi wajar kalau agak didramatisir kan Reader ?

Dari film yang berjudul My BoyFriend is Type B tersebut, Penulis justru melihat hal lain yang berbeda. Golongan darah B tidak seburuk seperti apa yang di gambarkan di mitos-mitos orang korea ataupun jepang kebanyakan. menurut Penulis ;

“Walaupun memang golongan darah B terkesan egois, tidak pedulian dan tidak bertanggung jawab. Tapi mereka mempunyai banyak kelebihan, diantaranya mereka mempunyai cara yang unik dan menarik untuk menikmati hidup, mereka kreatif dan mereka pun memiliki selera humor yang tinggi sehingga siapapun yang berada dekat dengan orang-orang bertipe B ini, tidak akan pernah merasa bosan berbicara dengannya. Mereka juga memiliki jiwa yang pekerja keras, untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan mereka akan sangat berkonsentrasi terhadap pekerjaan tersebut. Nah, Itulah mengapa golongan darah B jadi terkesan cuek dan dingin. Tapi sebenarnya tidak seperti itu.Dalam film ini pun golongan darah B tidak digambarkan sebagai pria yang total cuek secara keseluruhan dalam hidupnya, ketika mereka berkonsentrasi untuk menjadi seorang pria yang romantis dan care mereka sangat ahli melakukan peran tersebut. Mereka bisa menjadi sangat manis dan bertindak layaknya seorang hero. Seperti tidak ada yang mustahil bagi tipe darah B. Jika mereka sudah konsen akan sesuatu, pekerjaan dan harapan mereka pasti akan diselesaikan dengan baik. Walau kadang ada hal-hal detil yang sering luput oleh tipe darah B. Namun demikian, mereka selalu berusaha melakukan yang terbaik. Untuk membuat dirinya nyaman, tipe darah B lebih memilih menyendiri & melakukan “me-time” Inilah juga alasan mengapa mereka terkesan cuek dan menyebalkan bagi wanitanya. 🙂

Tipe darah B itu seperti singa. Kelihatannya saja malas-malasan, tapi saat berburu mereka akan kelihatan aslinya. Salah satu sifat yg sesekali muncul pada tipe darah B adalah egois, Ini akan muncul saat kontrol terhadap percaya diri mulai hilang. dan menurut Penulis siapapun bisa menjadi orang yang egois, tidak hanya yang bergolongan darah B loh.

Tipe darah B bukan tipe matre, mereka akan beli barang disesuaikan dengan uang yang ada. Ini yang membuat mereka terkesan pelit, padahal sifat seperti ini perlu juga dalam kehidupan sehari-hari karena bisa menjadikan kita orang yang hemat. selama masih bisa diperbaiki, lebih baik barang yang rusak diperbaiki. Tapi kalau memang benar-benar tidak bisa diperbaiki barulah beli yang baru.

Tipe darah B akan selalu berusaha memecahkan masalahnya sendiri terlebih dahulu, tanpa bantuan orang lain. Mereka memang sulit menyerah. Jadi bagi yang berteman dekat dengan si darah B, cobalah memahami sifat-sifat mereka. Tidak ada yang diciptakan buruk oleh Tuhan di dunia ini, semuanya baik. semuanya punya kelebihan dan kekurangan.

Ada sekitar 6 milliar orang di dunia ini, lalu kenapa harus membagi-bagi sifat seseorang hanya berdasarkan empat tipe golongan darah, mencap buruk seseorang berdasarkan golongan darahnya menurut saya bukanlah hal yang adil. (sama aja diskriminasi golongan darah dong 😀 )

My_boyfriend_is_type_B_090002

Apapun yang diciptakan Tuhan ada baik dan ada buruknya, ketika kita bisa melihat sisi yang baik dari orang yang dianggap memiliki banyak keburukan Percayalah,dengan sendirinya sifat-sifat baik lainnya akan ikut muncul berdasarkan persepsi kita terhadap kebaikannya. So , mulai sekarang coba Positive Tingking aja.

 

My boyfrend is Blood Type B :  B untuk Baik 🙂

Sekian reader. Bye 😉

Advertisements

2 comments on “My Boyfriend is Type B

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s