Image

Donat Kentang Pelangi Ala Annesa

img_0139

hai-hai-hai-hai..

siapa sih yang gak suka donat ?
kayaknya sebagian besar orang pasti suka ya. termasuk saya.

fyi, sekarang perut saya semakin buncit dan nafsu makan semakin membludak berkat adanya si dedek kecil di dalam perut.
kali ini, pengen banget makan donat kentang, yang manis dan gurih. akhirnya dengan segala perjuangan pergilah saya kedapur buat eksekusi donat kentang pelangi ala annesa.

Mau resepnya ? ini dia Reader :

Bahan-bahan  :

  • 1/2 kg tepung terigu protein tinggi
  • 4 butir telor
  • 1/4 kg kentang
  • 1/4 kg mentega
  • 11 gram ragi instan
  • 1 sendok teh garam
  • 4 sendok makan gula (tergantung selera)
  • 3 sendok makan susu bubuk full cream
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/2 gelas air sekitar 100 ml
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan untuk Topping :

  • 2 sendok makan margarin
  • Meses atau tepung gula secukupnya

Cara Membuat :

    1. Potong kentang menjadi beberapa bagian, kemudian rebus sampai matang.
    2. Setelah itu, haluskan dengan cara ditumbuk atau diblender. Pastikan kentang benar-benar halus rata
    3. Masukkan tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi, telur, baking powder dan juga kentang yang telah dihaluskan tadi. Kemudian aduk rata sekitar 20 menit.
    4. Aduk adonan menggunakan alat pengaduk sampai setengah kalis kemudian diamkan selama 30 menit sampai adonannya mengembang.
    5. Oh iya, Kalau bisa jangan mencampurkan ragi, mentega, dan garam secara bersamaan karena dapat menyebabkan adonan tidak mengembang.
    6. Selanjutnya masukkan garam, mentega, dan juga air lalu aduk hingga kalis.
    7. Lalu bagi adonan menjadi beberapa bagian dan diamkan selama 15 menit agar adonan benar-benar mengembang.
    8. Setelah itu, bentuk adonan seperti donat pada umumnya yaitu terdapat lubang ditengahnya.
    9. Tuangkan minyak ke dalam wajan, kemudian goreng adonan donat dalam api kecil hingga warnanya berubah kecoklatan. Gunakan alat bantu seperti sumpit ketika menggoreng donat supaya donatnya benar-benar bulat.
    10. Jika ingin donat anda lebih enak dan menarik, Reader bisa menaburkan meses di atasnya. Untuk melengketkan meses pada donat, Reader bisa melakukannya dengan cara memasukkan dua sendok margarin dan coklat yang telah di iris kecil-kecil tadi ke wajan anti-lengket dan masak hingga mencair.Celupkan sisi atas donat ke dalam coklat cair tadi, kemudian taburkan meses di atasnya. selesai deh.. bisa segera dinikmati hangat-hangat.

Selamat Mencoba Reader.. 😀

Advertisements

Resep Pizza Pan Sosis Udang ala Annesa

img_9639

Selamat pagi.. Assalamualaikum,
Lagi-dan Lagi- ada ibu hamil ngidam dan idamannya susah ditemukan.

yap.. kayaknya enak makan pizza ya. *gara-gara liat iklan pizza hut di tivi* 😀
Tapi mau diapah, mana ada jualan pizza di pulau kecil ujung timur indonesia.
Fyi, pengennya ini sampe kebawa-bawa dimimpi loh. Jadi pas bangun pagi ribet banget tarik-tarik si bapak nemenin belanja kepasar mencari keju, sosis, udang dan fermipan. 😀

Susah sih ketemunya, perlu keliling pasar sana-sini tapi alhamdulilah ketemu bahan-bahannya.

Pulang dari pasar langsung singsingkan lengan baju dan Marilah kita kedapur memasak Pizza Pan Udang dan Sosis Ala ala Annesa.

Mau Tau resep nya :
Yuk mareeee… 😀

        Bahan-bahan :

  • 250 gram tepung terigu
  • 6 gram ragi
  • 30 gram gula
  • 1 sdt garam
  • 3 sdm minyak
  • 3 sdm margarin
  • 125 ml air dingin

    Taburan pizza (Topping)

  1. Saus tomat dan Saus Sambal Secukupnya
  2. Sosis
  3. Bawang bombay
  4. Keju
  5. Udang

         Cara Membuat :

  1. Campur semua bahan kering seperti tepung,garam, gula, dan ragi lalu aduk rata, tambahkan minyak dan margarin aduk rata, lalu tambahkan air aduk hingga kalis.
  2. Taruh adonan di wadah besar dan tutup dengan kain basah hingga 45 menit atau 1 jam.
  3. Setelah itu, Kembiskan adonan yg sudah mengembang, olesi loyang pizza kalau saya pakai happycall. Olesi dengan margarin dan tata adonan di atas loyang masukan keju di pinggiran-pinggiran adonan, tusuk2 dasar adonan dengan garpu.
  4. Sementara itu panaskan minyak, lalu tummis bahan toping (Bawang bombay + Sosis dan Udang) Beri sedikit penyedap.
  5. Selanjutnya, Olesi adonan di loyang tadi dengan saus tomat dan saus sambal, lalu tambahkan tumisan topping yang sudah di buat.
  6. Panaskan dengan api yang sangat kecil sekita 20 menit sambil sering di periksa. Untuk mengecek kematangan, Ambil lidi/garpu lalu liat apakah masih ada donan yang lengket jika tidak berarti pizza sudah matang dan siap santap.

Hmmm.. Yummy, selamat mencoba Reader. :*

Soto Ayam Lamongan ala Annesa

img_7578

Assalamualaikum Reader, hihi.. ketemu lagi. 😀
How’s about ur day ?
Semoga selalu baik dan sehat ya.. Aamiin.

Disini, udah hampir 3 hari cuacanya mendung-mendung cantik gitu, siang-siang enak banget kalo dipake pulang kerumah dan go to sleep. haha.
Karena cuaca mendukung, kayaknya dipikir-pikir kayaknya enak kalau kita nyoto penuh kehangatan. #eh..
Alahasil,pergi saya kepasar sebelum istirahat kantor dan beli ayam potong sama bihun putih.. Mari kita membuat soto lamongan. Asik..

This is it :

Bahan :
  • 1 ekor ayam  belah menjadi 4 bagian
  • 2000 ml air
  • 6 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
  • 3 batang serai memarkan
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 2 sendok makan garam
  • minyak untuk menumis dan menggoreng
  • 1/4 kg daun kol/kubis
  • 1 bungkus bihun (rendam dengan air hangat)
Bumbu yang kita haluskan :
  • 6 siung bawang putih
  • 2 cm jahe
  • 4 butir kemiri sangrai
  • 4 cm kunyit
  • 10 butir bawang merah
Bahan sambal :
  • 1/4 sendok teh garam
  • 12 buah cabai rawit merah
  • 3 siung bawang putih
  • 4 buah cabai merah
Cara membuat :
  1. Pertama rebus dulu ayam yang sudah dipotong tadi hingga empuk, Angkat ayam yang sudah direbus untuk digoreng. Jangan lupa simpan kaldu airnya untuk kuah soto.
  2. Selanjutnya panaskan minyak (kira kira 4 sendok makan) dan tumis bumbu yang telah dihaluskan dan memarkan serai hingga menjadi harum. Kemudian kita tuang dalam air rebusan ayam tadi.
  3. Masukkan juga merica bubuk, garam dan masukan daun jeruk yang sudah bersih. Sesaat sebelum matang masukan kol hingga agak lembut. Masak hingga matang dan angkat.
  4. Setelah itu kita panaskan minyak yang agak banyak dan goreng daging ayam hingga kecokelatan. Angkat ayam dan suwir suwir lalu masukan kedalam kuah soto.
  5. Untuk sambalnya:  rebus cabai rawit merah, bawang putih dan cabai merah hingga layu. Angkat dan taruh bersama garam kemudian kita haluskan.
  6. Tahap Akhir untuk penyajian, taruh bihun yang sudah di rendam air panas tadi kedalam mangkuk, lalu kuah soto yang sudah masak.
  7. Soto lamongan siap disantap.

Yap.. begitulah kira-kira resep membuat soto lamongan ala annesa. selamat mencoba Reader. 😀

Brownies Happycall Ala Annesa

img_7524

Halo-halo, Apa kabarmu wahai blog wordpressku ? *tiupin debu di blog*

Hampir 3 bulan nih gak ngeposting apa-apa, ada yang kangenin gak ya.. haha

Jadi Reader ku tercintaah, sebab musabab dari semua kevacuman yang terjadi adalah karena sekarang saya telah mengalami cukup perubahan hidup yang besar dalam kurun waktu 3 bulan, haseek. Oleh karena itu, jadi agak sedikit sibuk. You know what Reader sekarang Alhamdulilah saya sudah bareng sama suami tercintah di tempat yang baru, yeey.. 😀

Walaupun tempat yang baru ini sangat berbeda jauh dengan yang sebelumnya, tapi tetap harus disyukuri, disini sangat banyak sekali perbedaan dibandingkan Kalianda Lampung Selatan tempat saya dulu bertugas (belom move on 😀 ), ditempat yang sekarang saya butuh waktu berjam-jam untuk menuju kota Jakarta tercinta dan harus menerima keadaan yang bisa dibilang tidak semuanya ada. Bagaimana tidak, hidup di pulau ya berarti harus bisa survive dengan segala yang ada. hehe.

dan Satu lagi kabar gembira yang amat sangat saya syukuri adalah..

There is a little cute baby growing in my belly. hihi

Itulah beberapa perubahan yang saya anggap besar dan gak akan pernah saya lupakan, sehingga perlu saya tulis disini sebagai pengingat.

Oke, karena dua hal tersebut diatas, muncullah keinginan yang timbul dilidah untuk makan makanan manis yang gurih dan lezat, saya kepengen banget makan brownies kukus. Tapi sayang disayangkan, untuk mendapatkan sekotak brownies Am*nda harus menempuh perjalan jauh berjam-jam ke kota. hiks. Syedih yaaa..

Alahasil, bermodalkan Happycall yang di kirim oleh ibunda tercinta saya mencoba membuat sendiri brownies panggang dengan usaha sendiri. Haha

Sebagai pengingat, maka kali ini saya akan berbagi resep brownies happycall ala-ala Annesa. Ini dia guys :

1. Dark cooking chocolate
3. 130 gr tepung terigu
4. 250 gr gula
5. 4 butir telur
6. 1/2 sdt baking powder
7. 1/2 sdt garam
8. 4 Sdm Margarin yang sudah dicairkan
9. 20 gr coklat bubuk
10.75 gr tepung terigu
11. 5 Sdm Susu Bubuk

Cara Membuat :

Cara membuat :
1. Tim coklat & margarine sampai meleleh, sisihkan
2. Dalam wadah lain, kocok telur dan gula pasir hingga kental dan memutih
3. Tambahkan campuran coklat sambil diaduk rata.
4. Masukkan tepung terigu, susu bubuk, coklat bubuk dan baking powder, sambil diayak dan diaduk rata.
5. Tuang adonan ke Happycall yg sebelumnya sudah di lumuri margarin (biar ga lengket), sebenernya tanpa dilumuri margarin pun ga lengket juga sih.
6. Masak dengan api paling kecil selama 20 menit, sambil diintip kematangannya.
7. Ketika hampir matang, taburi keju serut. Tutup sebentar. Matikan api.Tapi, karena nyari-nyari keju gak ada yang jual akhirnya pake gula bubuk putih. (maklum lah yaa).
8. Sajikan hangat-hangaat

hmmm.. yummy, yaa, walaupun seadanya tapi alhamdulilah ngidamnya terpenuhi. yey. mission completed.

 

 

 

Nugget Ayam Homemade

.

Assalamualaikum Reader, How Are you ? Puasa gak nih Reader ?

satu hal paling asik buat saya adalah masak buat persiapan buka puasa, nah.. kalo Reader udah ada rencana belum mau masak apa buat buka puasa nanti ?  Kalo belom yuk mari saya kasih satu resep praktis dan sehat buat cemilan pas buka puasa..

Selain untuk buka puasa resep ini juga bisa untuk santapan sahur loh, karena tinggal digoreng aja. hihi. Peraktis..tis.. tis

ini dia, Nugget Ayam Homemade ala Annesa.

Pertama-tama mari kita siapkan bahan-bahannya dulu ya.

Bahan-bahan :

  • Dada ayam  ( dicincang halus )
  • Wortel  1 buah ( optional )
  • Telur 1 butir
  • Tepung sagu 50 gram
  • Kaldu ayam bubuk 1 sendok teh
  • Merica bubuk 1/4 sendok teh
  • Gula pasir 1/2 sendok teh
  • Garam sesuai selera
  • Bawang putih secukupnya ( haluskan )

Bahan Pelapis :

  • Tepung terigu  100 gram
  • Telur 2 butir ( dikocok lepas )
  • Tepung panir orange ( tepung khusus untuk nugget ) secukupnya

NUGGET.jpg

Cara Membuat :

  1. Langkah awal campur semua bahan dan bumbu, aduk hingga rata.
  2. Selanjutnya tuang adonan nugget ke dalam loyang yang dialasi plastik tebal dan di olesi dengan sedikit minyak . kukus hingga matang , kurang lebih selama 30 menit
  3. Potong-potong sesuai selera .
  4. Setelah itu gulingkan nugget ke tepung terigu , lalu celupkan ke dalam kocokan telur ,kemudian gulungkan ke dalam tepung panir sambil ditekan-tekan agar tepung panir melekat sempurna .
  5. Agar tepung panir dapat menempel kuat di adonan nugget , simpan terlebih dahulu adonan ke dalam kulkas selama 15 menit .
  6. Terakhir goreng nugget di minyak yang sudah dipanaskan hingga kecoklatan dan matang , angkat dan tiriskan . untuk sisa nugget Reader bisa  simpan di wadah yang kedap udara dan di freezer untuk stock nugget beku atau yang tidak langsung dikonsumsi / goreng (bisa buat sahur juga) .
  7. Resep Nugget Ayam Homemade ini siap deh disantap bisa dengan saus sambal atau mayonese sesuai selera Reader.

This is It : Nugget Ayam Homemade Ala Annesa.

IMG_6980

IMG_6971

Selamat Mencoba

Menjadi Seorang Pengantin

.

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Artinya : “Dan di antara ayat-ayat-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu merasa nyaman kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu mawadah dan rahmah. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir” [Ar-Rum 21].

dan benarlah adanya, pernikahan itu bagaikan sebuah keajaiban.

Bagaimana suatu akhir terjadi jika tak berawal,
dan bagaimana sebuah awal melalui perjalanan sampai ke akhir.

Ini adalah kenyataan hidup, yang ceritanya tentang tinggal dan meninggalkan.
tentang jodoh atau tidak berjodoh, tentang bersama ataupun berpisah.
dan tentang bagaimana kita mengisi cerita diantara rentang waktunya.

ini adalah salah satu puisi yang saya buat pada awal bulan november 2013 tepat satu tahun ketika ia pergi bertugas di negeri yang jauh diujung Indonesia.

Aku masih menyulam ribuan harapan untuk merebahkan tubuh dalam pelukmu,
untuk mengukir senyuman perlahan yang tulus dengan keikhlasan.
Aku masih menembar mimpi menjadi perempuan yang selalu berdiri disampingmu,
untuk merintis masa depan tanpa takut akan jatuh kedalam kebingungan.

Namun…

Di sepanjang perjalanan ini aku menyadari bahwa mencintai mu seperti halnya menggenggam pasir,
semakin ku genggam erat semakin kau pergi lepas dari hatiku.
Semakin aku takut kau tinggalkan, Semakin kau akan meninggalkan.

Semakin aku menuntut padamu, semakin sesak akan terasa.
Semakin aku menggugat rasa, semakin aku terpenjara akan rasa bersalah.

Puisi ini saya buat dalam keadaan bingung dan resah, hingga tiap baitnya saya selipkan tetesan air mata ketakutan dan kekecewaan. Saat itu hubungan kami tengah diujung jalan tanpa satu orangpun yang tahu bahwa kami gusar memandangi masa depan yang tidak kami tahu titik temunya. Tepat tiga tahun kami menyulam kenangan bersama sebagai sepasang kekasih, susah dan senang kami lalui dalam kebersamaan. Hingga sang jarak yang begitu kejamnya memisah komunikasi dan hati kami dalam segala pertengkaran.

Di sepanjang perjalanan itu saya menyadari bahwa mencintai nya seperti halnya menggenggam pasir,
Semakin digenggam erat semakin ia pergi lepas dari hati.
Semakin saya takut ia tinggalkan, Semakin ia akan meninggalkan.

Hingga pada akhirnya, di sepanjang perjalanan ini, aku berserah.
bukan menyerah,.
Di sepanjang perjalanan ini aku menyadari bahwa memang Tuhanlah sebaik-baiknya penggenggam perasaan.
Disepanjang perjalanan ini, aku berjalan lurus menuju hatimu sembari berserah pada takdir kita.
semoga Tuhan terus membimbing kita untuk bertemu pada satu titik yang indah.

iya.
Sebuah kekuatan yang bernama “berserah diri pada takdirNya lah” yang membawa saya dan ia kembali setiap kali kami melangkah untuk pergi bersimpangan.

dan benarlah adanya, pernikahan itu bagaikan sebuah keajaiban.
Terutama bagi kami.

Tepat di hari ke 1825 ia berikrar didepan penciptaNya,ikrar yang menggetarkan seluruh arsy. Ikrar yang menunjukan betapa berkuasanya Allah karena telah menjaga hati kami untuk bersabar menanti ikatan suci yang di ridhoiNya.

Ibaratkan kami menyebrang dengan rakit, kami berlari dengan rakit bambu diatas lautan yang bergemuruh, tanpa rasa halal tanpa bekal. ya itulah kami yang dahulu.
Namun, keajaiban Tangan Allahlah yang membimbing kami, menjadikan kami jodoh sejak pertama kali kami bertemu. dan semoga hingga terakhir kali di surgaNya.

TanganNyalah yang menjauhkan kami, lalu mendekatkan kami kembali dalam ikatan yang kuat  dalam bahtera yang lebih besar daripada sekedar rakit bambu yang keropos.

Maha Benar Allah, yang Maha pengasih dan Maha Penyayang. Pemilik cinta yang sejati.

Terimakasih karena sudah memerankan peranmu dengan baik, dan tak pernah melangkah pergi saat aku beranjak meninggalkan.

Jum’at 08 Januari 2016
28 Rabiul Awal 1437 Hijriah.

DSC_0543

 

 

 

Es Pisang Ijo Ala Annesa

IMG_1406

Hai, assalamualaikum Reader..

sebentar lagi bulan ramadhan tiba, salah satu persiapan di bulan ramadhan bagi ibuk-ibuk so pasti adalah resep makanan dan minuman yang spesial untuk disajikan saat berbuka puasa.

Kali ini saya akan membagikan salah satu kudapan favorit saya, it called as Es Pisang IJo..

pertama kali saya kenal makanan ini adalah dari pacar saya yang kebetulan merupakan anak keturunan dari suku di kepulauan celebes..

Pertama kali diajak kencan makan pisang ijo merupakan pengalaman yang gak bakal bisa saya lupain, kesan pertamanya agak aneh sih, kok pisang nya bisa ijo-ijo gitu. But, ketika sudah nyentuh lidah.. heeeem.. nice taste.
Sejak saat itulah Es Pisang Ijo jadi minuman favorit saya..

So, hari ini saya memutuskan untuk membuat es pisang ijo sendiri sebagai bentuk rasa kangen dan rindu saya untuk kekasih yang jauh disana. hehe.. oke, Let’s check it out..

Bahan :

  1. 4 bh pisang raja mengkal, dikukus potong menjadi 2-3 bagian
  2. 400 gram tepung beras
  3. 400 ml santan
  4. 80 gr gula pasir
  5. 8 lbr daun pandan
  6. 8 lbr daun suji
  7. 1/2 sdt vanili
  8. 1/2 sdt garam
  9. 120 ml air
  10. daun pisang untuk pembungkus
  11. minyak goreng untuk olesan
  12. es batu secukupnya
  13. sirup cocopandan/sirup pisang ambon secukupny

Bahan Vla Pisang Ijo :

  1. 100 gram gula pasir
  2. 50 gr tepung beras
  3. 2 lembar daun pandan potong pendek
  4. 1/2 sdt garam
  5. 1/2 sdt vanili
  6. 1 liter santan encer

Cara Membuat :

  1. Tumbuk daun pandan bersama daun suji sampai halus, kita akan menggunakannya sebagai pewarna dan pemberi aroma alami. Beri air dan saring, kita ambil sarinya saja.
  2. Siapkan wajan atau panci, masukkan semua bahan mulai dari tepung beras, gula pasir, vanili dan garam. Maukkan santan dan sari daun suji beserta daun pandan yang barusan kita buat.
  3. Panaskan diatas kompor dengan api sedang sambil terus diaduk sampai adonan menggumpal menyerupai bubur sumsum.
  4. Angkat dan sisihkan.
  5. Ambil daun pisang dan olesi dengan minyak goreng agar tidak lengket, ambil kurang lebih 2 sendok adonan tepung yang tadi kita buat, pipihkan dan letakkan pisang kukus diatasnya.
  6. Gulung adonan hingga menyelimuti tepung dan bungkuskan daunpisang hingga meyerupai lontong.
  7. Kukus sampai matang.
  8. Untuk membuat sausnya, campurkan semua bahan saus kedalam panci dan didihkan sambil diaduk terus sampai mengental seperti krim.
  9. Angkat dan biarkan dingin.
  10. Ambil mangkuk dan tambahkan es batu yang telah dipotong-potong.
  11. Tambahkan saus es pisang ijo kedalam mangkuk dan letakkan beberapa potong pisang ijo diatasnya.
  12. Siram dengan sirup cocopandan dan susu kental manis untuk menambah rasa dan aroma serta mempercantik tampilannya.
  13. Es pisang ijo siap dihidangkan… Maknyuuus

Panjang yaa resepnyaa..hiihiii..
memang membuat pisang ijo ini butuh kesabaran dan ketelatenan,, tapi hasilnyaaaa… sedaaaaaap Reader. Apalagi diminum di cuaca siang hari yang panas.

Oke, sekian Reader.

Wassalamualaikum. daaah.. 😉

Macaroni Scothel ala Annesa

IMG_0974editedHai Reader,

it’s a long long long weekend, Right ?
dan dengan nasib anak gadis yang sedang dipingit. #eh.

so, jadi lah saya main-main di dapur, kebetulan juga ada ibuk putri yang lagi berkunjung di kontrakan nemenin saya menikmati long weekend yang super duper gak bisa kamana-mana ini.

Jadi sebagai hadiahnya, this is it. Macaroni Scothel kukus ala annesa :
yuk mare Reader, check it dot :

Bahan bahan :

  • 200 gram makaroni yang telah  direbus setengah matang
  • 300 ml susu cair UHT
  • 150 gram kornet
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt merica bubuk
  • 3 butir telur, kocok lepas
  • 4 buah sosis, iris tipis
  • 5 siung bawang putih cincang
  • 1,5 buah bawang bombay cincang
  • 5 lembar daun seledri cincang
  • 1 sdm margarin
  • 250 gram keju cheddar

Cara membuat :

  1.  Panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum
  2. Masukkan sosis dan kornet, jika sudah berubah warna tambahkan makaroni
  3. Campur susu, telur, merica dan garam.
  4. Aduk rata dan sisihkan
  5. Tuang adonan susu, masukkan setengah keju cheddar
  6. Aduk dengan api kecil 5-10 menit
  7. Matikan api kemudian masukkan seledri dan aduk.
  8. Tuang makaroni dalam wadah
  9. Panaskan kukusan, kukus adonan lebih kurang 30 menit atau sampai matang
  10. Setelah matang, taburi keju chedar diatasnya.
  11. Masukan kedalam Kulkas agar sedikit mengeras.
  12. Setelah dingin. Siap disantap Reader.

Oke, Selesai masak memasaknya Reader. boleh dicoba bagi yang gak punya alat pemanggang seperti saya. 😀

Tapi Reader, selain dikukus makaroni ini juga sedap kalo di makan setelah dipanggang.
Kalo reader mau nyoba yang dipanggang ketika adonan macaroni dan isian siap dan panas, langsung dicetak diloyang kemudian dihias dengan memberi parutan keju diatasnya. Setelah itu baru dipanggang sekitar 15 Menit.

😀

Yups.. sudah dulu ya Reader, selamat mencoba. Happy Weekend. *siap kembali tidur*

Resep Pizza Teflon ala Annesa

pizza mini

Hai hai Reader, Happy Saturday Morning.

Hari ini saya sengaja gak pulang ke kota metropolitan dan memilih buat ‘ngendok’ di kosan, berhubung masih ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan besok plus acara kantor yang harus dilakuin di hari minggu besok.

Alhasil, saya iseng-iseng mencari menu masakan yang bisa bikin sedikit tersenyum di hari sabtu yang kesepian ini. #eh kok malah jadi curhat.

yuks, mare intip resep pizza teflon ala-ala anak kosan yang cantik ceria.

Bahan Roti Pizza:

  • 250 gram tepung terigu.
  • 200 ml susu hangat.
  • 1 butir telur ayam.
  • 4 gram ragi instant (fermipan).
  • 3 sdm mentega.
  • 3 sdm minyak goreng.

Bahan Topping:

  • 2 buah bawang Bombay cincang halus.
  • 2 buah sosis sapi/ayam (sesuai selera), potong tipis.
  • 1 – 2 buah tomat, iris tipis.
  • Daging cincang secukupnya, bisa diganti dengan kornet. (kalau ga ada gak apa-apa Reader)
  • 1 buah paprika, buang isinya lalu cincang kotak-kotak kecil. (Bisa diganti dengan jagung juga loh)
  • 2 siung bawang putih.
  • 1 butir telur.
  • Daun bawang cincang halus.
  • Keju sesuai selera, lebih enak kalau keju mozzarella.
  • Saus tomat dan cabai secukupnya

Cara Memasak :

  1. Pertama-tama, campur tepung terigu dengan fermipan. Setelah itu, tambahkan mentega dan minyak. Aduk rata.
  2. Kemudian, masukkan telur dan susu. Aduk hingga adonan lembut, kalau masih keras tambahkan telur/susu. Diamkan adonan selama kurang lebih 15 menit dan ditutup dengan kain serbet.
  3. Sambil menunggu adonan yang didiamkan, tumis bawang bawang putih, bawang Bombay, sosis, tomat, telur, dan paprika sampai harum.Kemudian tambahkan irisan daun bawang. Angkat.
  4. Setelah 15 menit, ambil adonan roti, ratakan ke atas teflon. Tusuk dengan garpu di seluruh permukaan roti agar adonan mengembang.
  5. selanjutnya beri saus tomat dan cabai di atasnya. Setelah rata, oleskan bahan isi di atasnya hingga rata. Kemudian, taburi dengan keju.
  6. kalau sudah diberi topping, tutup adonan dan masak dengan api kecil selama 15 menit.
  7. Sajikan pizza selagi hangat bersama saus sambal.

Selesai, selamat ngemil Reader. semoga makin kurus.. Kayak saya. #sugesti.

#SURAT UNTUK ARTA

 

476053kau..
ya, kau..

ada beberapa hal yang begitu menyenangkan dibagi bersamamu.

tentang perjalanan panjang,
tentang cerita lucu di sepanjang jalanmu,
tentang makna hidup yang selalu kau ajarkan untukku,
tentang hobimu, dan hobiku yang sebagian besar memiliki kesamaan.
tentang hobimu membaca, dan hobiku menulis.
tentang kesukaan kita pada langit, laut dan pantai.

Arta..
namamu kan ?

tanpa kau sadari, selalu ada senyum dibibirku tiap kali aku mendengarkan cerita dan serunya kisah hidupmu.

perjalanan panjang dan menyenangkan yang selalu kau ceritakan membuat ada setitik harapan kecil mengintip dari celah hatiku,

sederhana saja.

Aku ingin menemanimu keliling dunia. memotret seluruh keindahan yang kau lihat,
dan menuliskan kisah perjalanan itu di dalam lembaran-lembaran kertas kecokelatan dengan diksi yang indah.
Aku ingin tersenyum bersamamu di beranda itu, di pingir danau dengan kerambah ikan yang mengayun-ayun.
Duduk bersamamu di sepasang kursi rotan sembari menggenggam buku cerita yang sama-sama kita sukai.
Aku ingin selalu ada disampingmu, berdiri disampingmu tepat saat kau mengambil gambar indah diatas menara yang tinggi.
Aku ingin..
begitu lah secercah harapan yang mengintip dibalik sudut hatiku.

Arta, namamu kan?

Entah bagaimana, tanpa mengenalmu lebih jauh.
Aku selalu ingin tahu keadaanmu, menemanimu dan bahkan menjadi matahari dalam hidupmu.

Kau ingat selembar surat yang kau terima pada malam hari yang indah di pinggir pantai ?
Saat itu aku menghampirimu, mengajak kau bergabung dengan teman-teman kita.
Aku ingat saat itu kau berkata “hmm..langitnya indah ya, banyak bintang”.

Kau ingat ?
Sekali lagi aku ingin bertanya, Apakah kau ingat selembar surat yang kau terima pada malam hari yang dipenuhi bintang kala itu ?
Surat yang dibacakan ke semua teman-temanmu tanpa tahu siapa pengirimnya.
Surat yang berisi, keinginan seseorang untuk selalu menemanimu dan menjadi matahari dalam gelap dan sepimu?

Akulah penulisnya..

Aku bahagia telah mengenal sebentar manusia yang baik sepertimu,
Aku bahagia bisa menjadi matahari yang tak pernah kau lihat keberadaannya.
Aku mengerti, Arta.
melihat matahari sama halnya menyakiti penglihatanmu sendiri.

Hari ini..
aku ingin menuliskan surat terakhir untukmu,
sebelum aku tak bisa menjadi mataharimu lagi..
dan sebelum segala harapan serta hidup matiku aku letakan di pundak orang lain.

Terimakasih, Arta.
karena sudah mau berbagi, dan sudah pernah membuat jantungku terasa berdebar lebih kencang saat bersamamu.

Kau tak perlu merasa aneh setelah membaca surat ini, ini bukan permasalahan hatimu. Ini adalah mengenai hatiku sendiri.

Aku ingin berdamai dari rasa ingin memilikimu.

Selamat tinggal.

Akhirnya, Aku menyadari bahwa terkadang ada beberapa hal didunia ini yang tidak akan pernah bisa kita miliki.

Ada beberapa rasa serta harapan di hati yang terkadang harus kita kubur sampai mati.

Semoga bahagia dan segera menemukan bintang yang lebih terang untuk menemani keinginanmu untuk berkeliling dunia.

Doakan aku bahagia kelak.

Aamiin.